Transaksi Reksa Dana untuk Portofolio Efek

08. Transaksi portofolio efek diakui dalam laporan keuangan reksa dana pada saat timbulnya perikatan atas transaksi efek.

10. Portofolio efek dinilai berdasarkan harga pasar. Keuntungan atau kerugian yang belum direalisasi akibat kenaikan atau penurunan harga pasar dilaporkan dalam laporan operasi dan perubahan aktiva bersih periode berjalan.

12. Untuk efek dalam portofolio reksa dana yang perdagangannya tidak likuid atau harga pasar yang tersedia tidak dapat diandalkan, maka efek tersebut dinilai berdasarkan nilai wajar

Beban Dan Pendapatan

Beban yang berhubungan dengan Pengelolaan Investasi

14. Beban yang berhubungan dengan pengelolaan investasi diakui secara akrual dan harian.

Keuntungan (Kerugian) Investasi Reksa Dana

18. Keuntungan (kerugian) investasi yang telah direalisasi dan yang belum direalisasi diakui pada laporan laba rugi periode berjalan.

Pendapatan Dari Pembagian Hak Oleh Perusahaan

22. Pendapatan dari pembagian hak oleh perusahaan diakui pada tanggal ex (ex-date).

Pendapatan Bunga

25. Pendapatan bunga dari efek hutang diakui secara akrual dan dilaporkan sebagai pendapatan yang belum direalisasi.

26. Potongan harga pembelian dari nilai pokok efek hutang diakui sebagai piutang bunga dan diamortisasi sebagai pendapatan bunga sepanjang umur efek hutang tersebut.

27. Obligasi yang dibeli dengan harga terpisah dari bunga berjalan, maka bunga yang dibayar tersebut diakui sebagai piutang bunga.

Penyajian Laporan Keuangan

Laporan Keuangan Reksa Dana

28 Laporan keuangan reksa dana terdiri dari:

a) Laporan aktiva dan kewajiban;
b) Laporan operasi;
c) Laporan perubahan aktiva bersih;
d) Catatan atas laporan keuangan.

Laporan Aktiva dan Kewajiban

29. Tujuan laporan aktiva dan kewajiban adalah untuk menyediakan informasi mengenai aktiva, kewajiban, dan aktiva bersih suatu reksa dana dan informasi mengenai hubungan antar unsur ersebut pada waktu tertentu.

30. Laporan aktiva dan kewajiban disajikan dengan menggunakan metode tidak dikelompokkan (unclassified) sehingga aktiva dan kewajiban tidak dikelompokkan menjadi elemen lancar dan elemen tidak lancar. Pada bagian aktiva, akun portofolio efek disajikan pada urutan pertama, sedangkan akun lainnya berdasarkan urutan likuiditas. Akun kewajiban dilaporkan berdasarkan urutan jatuh tempo.

Laporan Operasi

31. Tujuan laporan operasi adalah untuk menyajikan perubahan aktiva bersih yang berasal dari seluruh aktivitas investasi reksa dana, dengan melaporkan pendapatan investasi berupa dividen, bunga, dan pendapatan lain-lain dikurangi beban-beban, jumlah keuntungan (kerugian) transaksi efek yang telah direalisasi, dan perubahan nilai wajar efek dalam portofolio efek yang belum direalisasi dalam suatu periode. Penyajian tersebut akan membantu pengguna laporan untuk memahami kontribusi setiap aspek kegiatan investasi terhadap operasi reksa dana secara keseluruhan.

32. Laporan operasi disajikan dalam bentuk berjenjang (multiple-step) dengan memisahkan pendapatan dan beban investasi dari keuntugan (kerugian) yang berasal dari kenaikan atau penurunan nilai wajar portofolio efek (baik yang sudah direalisasi maupun yang belum direalisasi).

Laporan Perubahan Aktiva Bersih

33. Tujuan laporan perubahan aktiva bersih adalah untuk menyajikan informasi ringkas tentang perubahan aktiva bersih dari operasi dan perubahan aktiva bersih yang berasal dari transaksi dengan pemegang saham atau pemilik unit penyertaan.

34. Laporan perubahan aktiva bersih disajikan dengan memisahkan antara perubahan aktiva bersih yang berasal dari operasi dan perubahan aktiva bersih yang berasal dari transaksi dengan pemegang saham atau pemilik unit penyertaan.

Pengungkapan

Informasi berikut ini harus diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan:

a) ikhtisar pembelian dan penjualan efek selama periode pelaporan yang memuat informasi untuk tiap efek sebagai berikut:
i) Efek ekuitas
ii) nama efek
iii) nilai total harga beli/jual
iv) jumlah efek
v) nilai nominal
vi) tanggal jatuh tempo
vii) tingkat bunga
viii) peringkat efek
b) beban komisi Perantara Pedagang Efek selama periode pelaporan

c) jumlah unit penyertaan yang dimiliki oleh pemodal dan yang dimiliki oleh manajer investasi
d) rincian portofolio efek yang memuat informasi untuk tiap efek sebagai berikut :
i) nama efek;
ii) nilai wajar;
iii) jumlah efek;
iv) nilai nominal untuk efek hutang;
v) tanggal jatuh tempo;
vi) tingkat bunga;
vii) persentasi nilai wajar dari efek terhadap total nilai wajar portofolio efek.

Comments
  1. maestro says:

    pak saya mau tanya untuk keuntungan yang sudah dan belum direalisasi, dalam laporan pajak tahunan masuk koreksi fiskal (+/-) atau masuk penghasilan final & bukan objek pajak ya.

    terima kasih.

  2. Enzo says:

    Saya baru berkunjung dari artikel tentang investasi reksadana katanya reksadana bagus yah? apa betul

  3. suryo says:

    Just info: PSAK 49 tersebut pada tahun 2009 dicabut, sehubungan dengan berlakuknya PSAK 50/55 (Revisi 2006).

Leave a comment