Memahami Logika Penghindaran (boikot) Pajak.

Posted: 8 April 2010 in ARTiCLE
Tags: , , , , ,

Perusahaan merupakan suatu penyatuan kumpulan modal, usaha atau kerja, dan kumpulan sumberdaya manusia yang bekerja sama menjalankan berbagai kegiatan dengan menggunakan strategi, sistem atau mekanisme dengan orientasi yang sama, yaitu profit oriented.

Sasaran utamanya sudah jelas, profit oriented dengan bekerja semaksimal mungkin untuk meraih laba usaha sebesar-besarnya, apabila suatu perusahaan tidak bisa menghasilkan laba maka tujuan perusahaan tidak tercapai. Perlu dilakukan perubahan-perubahan manajemen bahkan jika dipandang tidak ada potensi tidak ditutup kemungkinan untuk pembubaran perusahaan.

Untuk mencapai sasarannya perusahaan akan melakukan berbagai inovasi pengembangan produk maupun jasa dengan menciptakan produk-produk baru, memperbesar area pemasaran melakukan strategi-strategi bisnis untuk menghasilkan peluang.

Dalam konsep globalisasi, gencarnya persaingan antar perusahan untuk memperebutkan kue pangsa pasar berjalan sangat dinamis. Ini berarti setiap perusahaan harus tahan banting menghadapi gempuran-gempuran bisnis yang dilakukan para kompetitornya.

Sebuah perusahaan meskipun membawa nama besar sekalipun apabila hanya tutup mata, berpuas diri menjadi raja dalam tempurungnya, tanpa mengetahui dahsyatnya persaingan usaha di medan pertempuran sesungguhnya, hanya statis tanpa berjalan maka sebenarnya perusahaan tersebut tidak berjhenti di tempat tetapi berjalan mundur dikarenakan para pesaingnya telah berlari kencang meninggalkannya.

Apabila suatu perusahaan ingin eksis maka melakukan suatu perubahan-perubahan untuk beradaptasi  menyesuaikan diri dengan lingkungan luar merupakan suatu keharusan.

Kemajuan tehnologi dan informasi maupun terciptanya inovasi-inovasi baru telah membawa perusahaan menghadapi permasalahan yang semakin rumit dan komplek, maka perubahan-perubahan strategi diterapkan untuk memperjelas sasaran perusahaan.

Strategi memperbesar profit tidak hanya dilakukan dengan cara klasik, pengembangan produk dan perluasan pangsa pasar. Melainkan sudah harus bisa memainkan satu strategi yang paling mendasar, yaitu penerapan efisiensi.

Penerapan efisiensi dalam suatu perusahaan sudah lazim diterapkan oleh perusahaan-perusahaan dalam setiap lini transaksi-transaksinya. Apalagi semakin hari semakin bertambah rumitnya transaksi bisnis yang ada.

Bentuk efisiensi yang dijalankan adalah menekan biaya-biaya perusahaan dan yang pasti salah satunya adalah menekan biaya pajak. Mengingat pajak hanya merupakan beban murni tanpa memiliki kontribusi secara langsung terhadap keuntungan perusahaan, sementara beban-beban usaha lainnya memiliki kontribusi bagi kelangsungan usaha.

Merupakan suatu pemikiran yang sangat logis dan wajar apabila semua perusahaan menerapkan efisiensi ketat terhadap biaya pajak. Yang kemudian timbul pertanyaan selanjutnya adalah, seberapa besar efisiensi bisa dilaksanakan dan dengan cara bagaimana bentuk efisiensi biaya pajak ini?

Dikarenakan tidak memiliki kontribusi secara langsung bagi usaha maupun investasi perusahaan maka banyak perusahaan  melakukan efisiensi biaya pajak secara besar-besaran, tanpa memperhitungkan kemungkinan biaya pajak tersebut suatu hari akan ditagihkan (melalui pemeriksaan pajak).

Dikarenakan hanya memikirkan maksimalisasi laba sebesar-besarnya, terkadang tanpa disadari dan secara alamiah  cara-cara yang ditempuh dalam penghindaran pajak telah menerobos perturan perundangan yang berlaku. Bahkan banyak yang nekat dengan melakukan tindakan kriminal.

High risk high return, sudah menjadi bagian denyut nadi para pelaku bisnis. Penghindaran pajakpun sudah menjadi hitung-hitungan gambling sebagian pelaku usaha, bahkan mungkin sama sekali sudah tidak dikalkulasi lagi dampak dari penghindaran pajaknya.

Dikarenakan dampak penghindaran pajak sudah diabaikan maka otomatis akumulasi resiko semakin bertumpuk, dan apabila terjadi letupan maka tak hayal guncangan akan menghantui kelngsungan usaha.

Comments
  1. Thomas says:

    hm……bener juga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s