PSAK 42 Akuntansi Perusahaan Efek (Accounting for Securities Company)

Posted: 7 April 2010 in PSAK
Tags: , , , , , , ,

50. Transaksi pembelian dan penjualan efek untuk nasabah maupun untuk sendiri diakui dalam laporan keuangan Perusahaan Efek pada saat timbulnya perikatan atas transaksi efek.

51. Apabila Perusahaan Efek tidak dapat menyelesaikan transaksi pembelian efek, maka transaksi tersebut dicatat sebagai gagal terima dan disajikan di neraca sebagai kewajiban. Apabila Perusahaan Efek tidak dapat menyelesaikan transaksi penjualan efek, maka transaksi tersebut, dicatat sebagai gagal serah dan disajikan di neraca sebagai aktiva.

Penilaian Efek

52. Portofolio efek yang dibeli untuk sendiri dinilai berdasarkan harga pasar. Keuntungan atau kerugian yang belum direalisasi akibat kenaikan atau penurunan harga pasar dilaporkan dalam laporan laba rugi periode berjalan.

53. Apabila efek yang diperdagangkan di bursa tidak likuid atau harga pasar yang tersedia tidak dapat diandalkan, maka efek tersebut dinilai berdasarkan nilai wajar yang ditentukan oleh manajemen. Apabila harga pasar efek yang tercatat di bursa tidak tersedia maka efek tersebut dinilai berdasarkan nilai terendah antara biaya perolehan dan nilai wajar.

Transaksi Pinjam Meminjam Efek (Securities Lending and Borrowing)

54. Transaksi pinjam-meminjam efek dengan uang jaminan dipertanggung-jawabkan sebagai transaksi pembiayaan. Perusahaan efek yang meminjam efek mengakui piutang sebesar uang jaminan yang diserahkan dan Perusahaan Efek yang meminjamkan efek mengakui hutang sebesar uang jaminan yang diterima.

Transaksi Jual Efek dengan Janji Beli Kembali/ Beli Efek dengan Janji Jual Kembali (Repo/Reverse Repo)

55. Transaksi jual dengan janji beli kembali (repo) dan transaksi pembelian dengan janji jual kembali (reverse repo) merupakan transaksi pembiayaan dengan jaminan efek. Perlakuan akuntansi untuk transaksi ini adalah sebagai berikut :

a) Efek yang dijual dengan janji beli kembali diakui sebagai kewajiban dan efek yang diserahkan tetap diakui sebagai persediaan portofolio efek. Selisih antara harga jual dan harga beli kembali diakui sebagai beban bunga.
b) Efek yang dibeli dengan janji jual kembali diakui sebagai piutang dan efek yang diterima tidak diakui sebagai persediaan portofolio efek. Selisih antara harga beli dan harga jual kembali merupakan bunga.

Penjamin Emisi Efek

56. Pendapatan sehubungan dengan penjaminan emisi diakui pada saat aktivitas penjaminan emisi secara substansi telah selesai dan jumlah pendapatan telah dapat ditentukan.

57. Biaya yang timbul sehubungan proses penjaminan emisi diakumulasi dan dibebankan pada saat pendapatan penjaminan emisi diakui. Dalam hal kegiatan penjaminan emisi tidak diselesaikan dan emisi efek dibatalkan, maka biaya penjaminan emisi tersebut dibebankan pada periode berjalan.

58. Penerimaan uang pemesanan efek diakui dan disajikan tersendiri sebagai aktiva dan kewajiban.

Manajer Investasi

59. Pendapatan dari jasa pengelolaan investasi nasabah dan jasa penasehat investasi diakui pada saat jasa diberikan sesuai dengan ketentuan dalam kontrak. Biaya yang terjadi sehubungan dengan kegiatan pengelolaan investasi dan penasehat investasi dibebankan pada saat terjadinya.

60. Dana yang diterima dalam rangka aktivitas manajer investasi sebagai pengelola investasi nasabah (Non Reksa Dana) diakui sebagai kewajiban.

61. Pada saat perolehan, efek yang dibeli untuk investasi sendiri dicatat sebagai portofolio efek berdasarkan biaya perolehan, dan diklasifikasikan sesuai dengan tujuan perolehannya, sebagai berikut :

a) Efek hutang dan ekuitas untuk diperdagangkan (trading). Perdagangan dalam hal ini mencerminkan pembelian dan penjualan yang aktif dan sering dengan tujuan memperoleh keuntungan atas perbedaan jangka pendek.
b) Efek hutang untuk dimiliki hingga jatuh tempo (hold to maturity). Efek yang diklasifikasikan dalam kategori ini terbatas pada efek hutang dengan tujuan memperoleh pendapatan bunga dan efek hutang tersebut baru akan dicairkan pada saat jatuh tempo. Efek hutang tidak boleh diklasifikasikan dalam kategori ini jika maksud pemilikannya hanya untuk periode yang tidak ditentukan, apabila efek hutang tersebut tersedia untuk dijual, untuk menghadapi :

(i) Perubahan tingkat bunga pasar dan perubahan yang berhubungan dengan resiko sejenis.
(ii) Kebutuhan likuiditas.
(iii) Perubahan dalam ketersediaan dan hasil investasi alternatif.
(iv) Perubahan dalam resiko mata uang asing.

c) Efek hutang dan ekuitas yang tersedia untuk dijual (available for sale). Efek hutang yang masuk dalam kategori ini adalah efek yang dimiliki untuk waktu yang tidak ditentukan karena, misalnya, dimaksudkan untuk suatu saat dijual guna memenuhi kebutuhan likuiditas atau sebagai bagian dari program manajemen resiko perusahaan.

62. Pada tanggal neraca, portofolio efek dinilai sesuai dengan klasifikasi efek yang bersangkutan, sebagai berikut :

a) Efek hutang dan ekuitas untuk diperdagangkan dinyatakan berdasarkan harga pasar. Keuntungan (kerugian) yang belum direalisasi akibat kenaikan (penurunan) harga pasar dilaporkan dalam laba rugi periode berjalan.
b) Efek hutang untuk dimiliki hingga jatuh tempo dinyatakan berdasarkan biaya perolehan setelah dikurangi (ditambahkan) dengan amortisasi premi (diskonto).
c) Efek hutang dan ekuitas yang tersedia untuk dijual dinyatakan berdasarkan harga pasar. Keuntungan (kerugian) yang belum direalisasi akibat kenaikan (penurunan) harga pasar tidak diakui dalam laporan laba rugi periode berjalan, melainkan disajikan secara terpisah sebagai komponen ekuitas. Keuntungan (kerugian) yang belum direalisasi dilaporkan dalam laporan laba rugi pada saat realisasi.

63. Portofolio efek Unit Penyertaan Reksa Dana yang diperoleh dalam rangka pendirian Reksa Dana dinyatakan sebesar biaya perolehan. Apabila NAB Unit Penyertaan Reksa Dana mengalami penurunan secara signifikan dan permanen, maka perlu dilakukan penyesuaian atas biaya perolehan tersebut. Portofolio efek Unit Penyertaan Reksa Dana dalam rangka pengelolaan investasi sendiri dinilai sesuai dengan tujuan perolehannya sebagaimana diuraikan pada paragraf 61 dan 62.

Penyajian Laporan Keuangan

Neraca

64. Neraca disajikan dengan menggunakan metode tidak dikelompokkan (unclassified) sehingga aktiva dan kewajiban tidak dikelompokkan menjadi elemen lancar dan elemen tidak lancar. Kelompok akun aktiva disajikan berdasarkan urutan likuiditas, sedangkan kelompok akun kewajiban dilaporkan berdasarkan urutan jatuh tempo.

Laporan Laba Rugi

65. Beban dalam melakukan berbagai kegiatan perusahaan efek sulit diidentifikasi dengan jenis pendapatan yang diperoleh. Apabila tidak praktis dan ekonomis untuk menyajikan laporan laba rugi dalam bentuk multiple step, maka laporan laba rugi dapat disajikan dalam bentuk single step.

66. Apabila Laporan Laba Rugi disajikan secara single step, maka pendapatan dikelompokkan sedemikian rupa sehingga mencerminkan pendapatan dari masing-masing kegiatan usaha Perusahaan Efek, dan beban disajikan sesuai jenisnya.

Pengungkapan

67. Selain hal-hal yang wajib diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan sebagaimana dijelaskan dalam Standar Akuntansi Keuangan yang umum, Perusahaan Efek wajib mengungkapkan hal-hal berikut :

a) perlakuan akuntansi mengenai :

1) transaksi perantara dan pedagang efek
2) transaksi jual efek dengan janji beli kembali, dan pembelian efek dengan janji jual kembali,
3) transaksi pinjam-meminjam efek, dan
4) pengakuan pendapatan dan beban sehubungan dengan aktivitas perusahaan efek

b) Ikatan atau kewajiban bersyarat yang timbul dari transaksi perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, dan manajer investasi.

Comments
  1. rony says:

    mas, bisa minta soft copy PSAK sumber dr materi ini g?yg dari IAI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s