PSAK 15 Akuntansi Untuk Investasi Dalam Perusahaan Asosiasi (Accounting for Investments in Associates)

Posted: 7 April 2010 in PSAK
Tags: , , , , , ,

Laporan Keuangan Konsolidasi

20. Investasi dalam perusahaan asosiasi harus dipertanggung jawabkan dalam laporan keuangan konsolidasi menurut metode ekuitas, apabila investor mempunyai pengaruh signifikan dan menurut metode biaya, apabila investor tidak mempunyai pengaruh signifikan.

21. Investor harus menghentikan penggunaan metode ekuitas sejak tanggal pada saat:

(a) investor tidak lagi memiliki pengaruh signifikan dalam perusahaan asosiasi: atau
(b) penggunaan metode ekuitas tidak lagi sesuai karena perusahaan asosiasi beroperasi di bawah pembatasan ketat dalam jangka panjang yang secara signifikan mempengaruhi kemampuannya untuk memindahkan dana kepada investor.

Nilai tercatat dari investasi pada tanggal tersebut untuk selanjutnya harus diperlakukan sebagai biaya.

Penerapan metode ekuitas

22. Nilai tercatat dari investasi dalam perusahaan asosiasi harus dikurangi untuk mengakui penurunan permanen, dalam nilai investasi. Pengurangan tersebut harus ditentukan dan dibuat untuk setiap investasi secara individual.

23. Selisih (baik positif maupun negatif) antara biaya perolehan (aquisition cost) dengan bagian investor atas nilai wajar aktiva neto yang dapat diidentifikasi (net identifiable asset) pada tanggal akuisisi harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.22 tentang Akuntansi Penggabungan Usaha.

Penyesuaian yang diperlukan terhadap bagian investor atas laba rugi setelah akuisisi harus dilakukan untuk hal-hal berikut:

(a) Penyusutan aktiva tetap berdasarkan nilai wajarnya.
(b) Amortisasi atas selisih antara biaya perolehan dan bagian investor atas nilai wajar aktiva neto yang dapat diidenti-fikasi (investor’s share of the fair value of net identifiable assets) .

Pengungkapan

24. Pengungkapan berikut harus dibuat:

(a) daftar dan penjelasan dari perusahaan asosias yang signifikan yang meliputi: nama, tempat, k-edudukan, persentase kepemilikan dan persentase hak suara (apabila berbeda dengan persentase kepemilikan).
(b) metode yang digunakan untuk mem-pertanggungjawabkan investasi tersebut.

25. Investasi dalam perusahaan asosiasi yang dipertang-gungjawabkan dengan metode ekuitas, harus diklasifikasikan sebagai aktiva jangka panjang dalam diungkapkan sebagai pos terpi-sah dalam neraca. Bagian investor atas pos luar biasa atau pos masa lalu (prior period items) yang berasal dari investee harus diungkapkan secara terpisah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s