PSAK 8 Kontinjensi dan Peristiwa Setelah Tanggal Neraca (Contingencies and Events Occurring After The Balance Sheet Date)

Posted: 7 April 2010 in PSAK
Tags: , , , , , ,

Kontinjensi

26. Jumlah kerugian kontinjen (setelah memperhitungkan setiap kemungkinan untuk memperoleh probable recovery ) harus diakui melalui suatu pembebanan dalam laporan laba/rugi jika :

(a) besar kemungkinan terjadi (probable) peristiwa di waktu mendatang akan memberikan penegasan bahwa suatu aktiva telah berkurang atau suatu kewajiban telah terjadi pada tanggal neraca.
b) dapat dilakukan estimasi yang layak terhadap jumlah kerugian yang ditimbulkan.

27. Keberadaan kerugian kontinjensi harus diungkapkan dalam laporan keuangan jika salah satu dari kondisi dalam paragraf 26 tidak dipenuhi, kecuali kalau kemungkinan terjadinya kerugian sangat tipis (remote)

28. Keuntungan kontinjen tidak dapat diakui dalam laporan keuangan. Keberadaan keuntungan kontinjen harus diungkapkan jika besar kemungkinan terjadinya (probable) bahwa keuntungan itu akan dapat direalisasi.

Peristiwa Setelah Tanggal Neraca

29. Aktiva dan kewajiban harus disesuaikan untuk peristiwa-peristiwa yang terjadi setelah tanggal neraca yang dapat memberi bukti tambahan untuk membantu estimasi terhadap jumlah yang berkaitan dengan kondisi yang telah ada pada tanggal neraca atau yang dapat memberikan petunjuk tidak berlakunya asumsi kelangsungan usaha (going concern) yang menyangkut baik keseluruhan ataupun sebagian perusahaan.

30. Dividen yang berkaitan dengan periode yang dicakup oleh laporan keuangan dan yang diusulkan atau diumumkan setelah tanggal neraca tetapi sebelum laporan keuangan disetujui harus disesuaikan atau diungkapkan.

31. Aktiva dan kewajiban tidak disesuaikan, tetapi pengungkapan harus dilakukan, mengenai peristiwa yang terjadi setelah tanggal neraca yang tidak mempengaruhi kondisi aktiva atau kewajiban pada tanggal neraca. Pengungkapan ini penting, karena jika tidak diungkapkan dapat mempengaruhi kemampuan para pembaca laporan keuangan dalam melakukan evaluasi dan keputusan yang benar.

Pengungkapan

32. Pengungkapan sebagaimana dimaksud dalam paragraf 27 atau 28 harus mencakup informasi berikut:

(a) jenis kontinjensi
(b) faktor ketidakpastian yang dapat mempengaruhi hasil akhir dimasa depan
(c) estimasi mengenai dampak keuangan atau pernyataan bahwa estimasi semacam itu tidak dapat dibuat.

33. Bila pengungkapan dari kejadian setelah tanggal neraca diharuskan oleh paragraf 31 dalam pernyataan ini, informasi berikut ini harus diberikan :

(a) jenis peristiwa
(b) estimasi mengenai dampak keuangan, atau pernyataan bahwa estimasi semacam itu tidak dapat dibuat.

About these ads
Comments
  1. emillia says:

    bisa g contohnya dari kontinjensi gt????ma jawabannya trus dimohon menjelaskan juga msalah provisi gt berikut contohnya n jawabannya…..????

    harap dibalas masalhnya urgent bnget neh…..

    trims emiillia…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s