PSAK 11 Penjabaran Laporan Keuangan Dalam Mata Uang Asing (Translation of Financial Statements in Foreign Currencies)

Posted: 7 April 2010 in PSAK
Tags: , , , , , ,

Kegiatan Usaha Luar Negeri yang Merupakan Bagian Integral dari perusahaan Pelapor

31. Laporan keuangan dari suatu kegiatan usaha luar negeri yang merupakan bagaian integral dengan operasi dari perusahaan pelapor harus dijabarkan dengan menggunakan prosedur sebagaimana dinyatakan dalam PSAK No.10 tentang Transaksi dalam Mata Uang Asing, seolah-olah transaksi kegiatan usaha luar negeri tersebut merupakan transaksi perusahaan pelapor sendiri

Entitas Asing

32 Dalam menjabarkan laporan keuangan suatu entitas asing untuk disatukan diinkorporasi dengan laporan keuangan perusahaan pelapor, digunakan prosedur sebagai berikut:

(a) Aktiva dan kewajiban entitas asing, baik moneter maupun non moneter dijabarkan dengan menggunakan kurs penutup (closing).
(b) Pendapatan dan beban entitas asing dengan menggunakan kurs yang berlaku pada tanggal transaksi.
(c) Beda nilai tukar yang terjadi disajikan sebagai ā€œselisih kurs karena penjabaran laporan keuangan ā€œ dan disajikan sebagai bagian dari ekuitas sampai pelepasan investasi neto yang bersangkutan.

Pelepasan (disposal) Suatu Entitas Asing

33. Pada pelepasan (disposal) suatu entitas asing, jumlah kumulatif beda nilai tukar yang telah ditangguhkan dan berkaitan dengan entitas asing tersebut harus diakui sebagai pendapatan atau sebagi beban dalam periode yang sama pada waktu keuntungan atau kerugian pelepasan (disposal) diakui.

Perubahan dalam Klasifikasi Kegiatan Usaha Luar Negeri (Foreign Operation)

34. Jika terdapat perubahan klasifikasi suatu kegiatan usaha luar negeri, prosedur penjabaran yang dapat diterapkan pada klasifikasi yang direvisi harus diterapkan sejak tanggal perolehan klasifikasi.

Pengungkapan

35. Perusahaan harus mengungkapkan beda nilai tukar bersih yang diklasifikasikan dalam kelompok ekuitas sebagai suatu unsur yang terpisah, dan rekonsiliasi beda nilai tukar tersebut pada awal dan akhir periode.

36 Jika mata uang pelaporan berbeda dengan mata uang negara tempat perusahaan berdomisili, alasan untuk menggunakan mata uang yang berbeda harus diungkapkan. Alasan untuk setiap perubahan dalam mata uang pelaporan juga harus diungkapkan.

37 Jika terdapat suatu perubahan dalam klasifikasi suatu kegiatan usaha luar negeri yang signifikan, perusahaan harus mengungkapkan:

(a) sifat perubahan dalam klasifikasi;

(b) alasan perubahan;
(c) dampak perubahan atas klasifikasi modal pemegang saham;
(d) dampak pada laba bersih atau kerugian untuk setiap periode sebelumnya jika perubahan klasifikasi terjadi pada periode sebelumnya yang paling awal.

38. Suatu perusahaan harus mengungkapkan metode yang dipilih sesuai dengan paragraf 17 untuk menjabarkan goodwill dan penyesuaian nilai wajar yang timbul pada akuisisi suatu entitas asing.

About these ads
Comments
  1. Green says:

    salam kenal,,

    Jika saya ingin mengajukan tentang kasus yang berhubungan PSAK 11,,Apakah tidak keberatan….???

    ^_^,,

    Mohon Repp..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s