PSAK 10 Transaksi Dalam Mata Uang Asing (Transaction in Foreign Currencies)

Posted: 7 April 2010 in PSAK
Tags: , , , , , ,

Pengakuan awal

26. Transaksi dalam mata uang asing dibukukan dengan menggunakan kurs pada saat terjadinya transaksi.

Pelaporan Pada Tanggal Neraca Berikutnya

27. Pada setiap tanggal neraca:

(a) pos aktiva dan kewajiban moneter dalam mata uang asing dilaporkan ke dalam mata uang rupiah dengan menggunakan kurs tanggal neraca :
(b) pos non-moneter tidak boleh dilaporkan dengan menggunakan kurs tanggal neraca tetapi tetap harus dilaporkan dengan menggunakan kurs tanggal transaksi; dan
(c) pos non-moneter yang dinilai dengan nilai wajar dalam mata uang asing harus dilaporkan dengan menggunakan kurs yang berlaku pada saat nilai tersebut ditentukan

Pengakuan Selisih Kurs

28. Kecuali untuk hal-hal yang diatur dalam paragraf 31 dan 32, selisih penjabaran pos aktiva dan kewajiban moneter dalam mata uang asing pada tanggal neraca dan laba rugi kurs yang timbul dari transaksi dalam mata uang asing dikreditkan atau dibebankan pada laporan laba rugi periode berjalan.

Transaksi Valuta Berjangka

29a. Salah satu transaksi valuta berjangka SWAP adalah transaksi pertukaran dua valuta asing melalui pembelian tunai dengan penjualan kembali secara berjangka atau penjualan tunai dengan pembelian kembali secara berjangka. Pada hakikatnya transaksi tersebut dilakukan untuk lebih mendapatkan kepastian tentang kurs penjabaran yang bersifat tetap selama dalam kontrak sehingga pembuat transaksi terhindar dari kerugian akibat perubahan kurs. Dalam transaksi SWAP pembuat transaksi umumnya memperhitungkan premi yang ditetapkan terlebih dahulu.

b. Perlakuan akuntansi transaksi valuta berjangka yang dilakukan untuk tujuan hedging hutang adalah sebagai berikut:
(i) Selisih kurs tunai (spot rate) dan kurs masa depan (forward rate) dicatat sebagai diskonto atau premi yang harus diamortisasi sesuai dengan jangka waktu kontrak valuta berjangka .
(ii) Setiap akhir periode harus dihitung selisih kurs untuk hutang dalam mata uang asing (yang diproteksi melalui hedging), forward receivable dan forward payable dalam mata uang asing. Selisih kurs yang timbul sebagai akibat perbedaan antara kurs tanggal neraca dengan kurs tunai pada saat terjadinya transaksi diakui sebagai keuntungan atau kerugian kurs periode berjalan.

(iii) Dalam neraca, forward receivable atau forward payable, dan diskonto atau premi yang belum diamortisasi yang timbul dari kontrak valuta berjangka yang berhubungan harus dijadikan satu di bagian aktiva atau kewajiban, tergantung pada posisi neto dari seluruh pos tersebut.

Investasi Neto dalam suatu Entitas Asing

30. Selisih kurs yang timbul pada suatu pos moneter yang dalam substansinya membentuk bagian investasi neto perusahaan dalam suatu entitas asing harus diklasifikasikan sebagai ekuitas dalam laporan keuangan perusahaan hingga saat pelepasan (disposal) investasi neto dan pada saat tersebut harus diakui sebagai pendapatan atau beban (lihat PSAK No.11 tentang Penjabaran Laporan Keuangan dalam Mata Uang Asing).

31. Selisih kurs yang timbul dari kewajiban valuta asing yang diperhitungkan sebagai suatu hedging dari investasi neto perusahaan dalam suatu entitas asing harus diklasifikasikan sebagai ekuitas dalam laporan keuangan perusahaan hingga pelepasan {disposal) investasi neto, dan pada saat tersebut harus diakui sebagai pendapatan atau sebagai beban (lihat PSAK No. 11 tentang Penjabaran Laporan Keuangan dalam Mata Uang Asing).

Perlakuan Alternatif yang Diijinkan

32. Selisih kurs dapat disebabkan karena suatu devaluasi atau depresiasi luar biasa suatu mata uang di mana tidak mungkin dilakukan hedging dan menimbulkan kewajiban yang tak terselesaikan akibat perolehan aktiva yang harus dibayar dalam suatu mata uang asing. Selisih kurs tersebut dapat dimasukkan sebagai nilai tercatat (carrying amount) aktiva yang bersangkutan dengan pengertian nilai tercatat yang disesuaikan tersebut tidak melampaui jumlah terendah antara biaya pengganti (replacement cost) dan jumlah yang mungkin diperoleh kembali (amount recoverable) dari penjualan atau penggunaan aktiva tersebut Alternatif yang dipilih harus diungkapkan secukupnya.

Pengungkapan

33. Perusahaan harus mengungkapkan:

(a) jumlah selisih kurs yang diperhitungkan dalam laba neto atau kerugian untuk periode tersebut;
(b) selisih kurs neto yang diklasifikasikan dalam kelompok ekuitas sebagai suatu unsur yang terpisah, dan rekonsiliasi selisih kurs tersebut pada awal dan akhir periode; dan
(c) jumlah selisih kurs yang timbul selama periode, yang termasuk dalam nilai tercatat suatu aktiva sesuai dengan perlakuan alternatif yang diijinkan dalam paragraf 32.

About these ads
Comments
  1. herry says:

    maaf pak, kalau boleh saya bertanya.
    jika terjadi revisi harga piutang dagang. apakah menggunakan kurs pada saat diakui sebagai piutang awal atau menggunakan kurs pada saat revisi?
    saya berpendapat masih menggunakan kurs pada saat pengakuan awal karena kita hanya merevisi saja.
    apakah ada di PSAK mengenai revisi tersebut

  2. herry says:

    mohon bantuannya pak chairu.terima kasih

  3. febri says:

    mau tanya pak….: dalam menyusun laporan keuangan komersil untuk mata uang asing kami gunakan kurs saat transaksi (spot rate)dan setiap akhir bulan (montly report), pos piutang dan hutang dalam mata uang asing kami sesuaikan lagi dengan kurs pada akhir bulan.yang mau kami tanyakan : 1.apakah untung / rugi sel kurs ini diterima juga oleh fiscal karena laporan fiscal adalah laporan keuangan tahunan bukan bulanan.
    2.apakah pada laporan keuangan fiscal tidak perlu menyesuaik kurs pada akhir bulan neraca cukup tahunan.terimakasih sebelumnya

  4. ari says:

    Sebelumnya sy ingin mengkritisi tulisan saudara, ini tertuang dalam psak 10 jadi sama persis dengan psak 10 jadi menurut saya anda kurang kreatif menyalin sama persis dengan di psak 10 kecuali jika saudara menjelaskan setiap poinnya. Saya ingin tanya dengan selisih kurs tersebut akan menimbulkan laba atau rugi karena kurs, nah bagaimana dengan pelaporannya?? apakah tiap bulan harus disesuaikan dengan kurs tengah BI atau di akhir tahun baru di sesuaikan dengan kurs tengah BI, tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s