PSAK 4 Laporan Keuangan Konsolidasi (Consolidated Financial Statements)

Posted: 7 April 2010 in PSAK
Tags: , , , , , ,

Ruang Lingkup Laporan Keuangan Konsolidasi

19. Suatu induk perusahaan yang memiliki baik langsung maupun tidak langsung melalui anak perusahaan lebih dari 50% saham berhak suara pada perusahaan lain, harus menyajikan laporan keuangan konsolidasi. Suatu perusahaan yang memiliki 50% atau kurang saham berhak suara pada perusahaan lain, wajib menyusun laporan keuangan konsolidasi apabila dapat dibuktikan bahwa pengendalian tetap ada. Laporan keuangan konsolidasi harus mengkonsolidasikan seluruh anak perusahaan baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri.

20. Anak perusahaan tidak dikonsolidasikan apabila:

(a) Pengendalian pada anak perusahaan bersifat sementara karena anak perusahaan khusus diakuisisi dengan tujuan untuk dijual kembali atau dialihkan dalam jangka pendek.
(b) Anak perusahaan dibatasi oleh suatu restriksi jangka panjang sehingga tidak mampu mengalihkan dananya kepada induk perusahaan.

Penyertaan induk perusahaan pada anak perusahaan yang memenuhi salah satu kriteria di atas harus dipertanggung jawabkan sesuai dengan PSAK No.13 tentang Akuntansi untuk Investasi.

Prosedur Konsolidasi

21. Transaksi dan saldo resiprokal antara induk perusahaan dan anak perusahaan harus dieliminasi.

22. Keuntungan dan kerugian yang belum direalisasi, yang timbul dari transaksi antara induk perusahaan dan anak perusahaan, harus dieliminasi.

23. Untuk tujuan konsolidasi, tanggal pelaporan keuangan anak perusahaan pada dasarnya harus sama dengan tanggal pelaporan keuangan perusahaan induk. Apabila tanggal pelaporan tersebut berbeda maka laporan keuangan anak perusahaan dengan tanggal pelaporan yang berbeda tersebut dapat digunakan untuk tujuan konsolidasi sepanjang :

(a) Perbedaan tanggal pelaporan tersebut tidak lebih dari 3(tiga) bulan.
(b) Peristiwa atau transaksi material yang terjadi di antara tanggal pelaporan tersebut diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan konsolidasi.

Apabila laporan keuangan dengan tanggal pelaporan yang berbeda (yang lebih dari 3 bulan) digunakan untuk tujuan konsolidasi, maka penyesuaian yang diperlukan harus dilakukan untuk pengaruh dari setiap peristiwa atau transaksi antar perusahaan yang signifikan, yang terjadi antara tanggal pelaporan yang berbeda tersebut.

24. Laporan keuangan konsolidasi disusun dengan menggunakan kebijakan akuntansi yang sama untuk transaksi, peristiwa dan keadaan yang sama atau sejenis. Apabila tidak mungkin digunakan kebijakan akuntansi yang sama dalam menyusun laporan keuangan konsolidasi, maka harus diungkapkan penggunaan kebijakan akuntansi yang berbeda tersebut dan proporsi unsur yang terkait dengan kebijakan akuntansi tersebut terhadap unsur sejenis dalam laporan keuangan konsolidasi.

25. Hak minoritas (minority interest) harus disajikan tersendiri dalam neraca konsolidasi antara kewajiban dan modal. Hak minoritas dalam laba disajikan tersendiri dalam laporan laba rugi konsolidasi.

26. Investasi pada anak perusahaan harus dipertanggung jawabkan sesuai dengan PSAK No.13 tentang Akuntansi untuk Investasi, terhitung sejak investasi tersebut tidak memenuhi persyaratan sebagai anak perusahaan dan juga bukan perusahaan asosiasi berdasarkan PSAK No. 15 tentang Akuntansi untuk Investasi pada Perusahaan Asosiasi.

Penyajian Tersendiri Laporan Keuangan Induk Perusahaan

27. Induk perusahaan yang memenuhi kriteria konsolidasi, tidak boleh menyajikan tersendiri laporan keuangannya (tanpa konsolidasi) sebagai laporan keuangan untuk tujuan pelaporan keuangan (general purpose financial statement). Laporan keuangan tersendiri induk perusahaan hanya dapat disajikan sebagai informasi tambahan dalam laporan keuangan konsolidasi. Dalam laporan keuangan tersendiri tersebut penyertaan pada anak perusahaan harus menggunakan metode ekuitas.

Pengungkapan

28. Pengungkapan berikut harus disajikan dalam catatan atas laporan keuangan konsolidasi:

(a) Daftar anak perusahaan (yang signifikan), yang antara lain mencakup: nama anak perusahaan, tempat domisili, bidang usaha dan persentase pemilikan dan persentase hak suara (apabila berbeda dengan persentase pemilikan).
(b) Alasan untuk tidak mengkonsolidasikan anak perusahaan, sebagaimana diatur pada paragraf 20.
(c) Sifat hubungan antara induk perusahaan dan anak perusahaan yang menyebabkan induk perusahaan dapat melakukan pengendalian terhadap anak perusahaan meskipun hak suara induk perusahaan, baik langsung maupun tidak langsung, 50% atau kurang.
(d) Pengaruh dari akuisisi dan penjualan atau pengalihan penyertaan pada anak perusahaan terhadap posisi keuangan dan hasil usaha konsolidasi tahun berjalan dan tahun sebelumnya.

About these ads
Comments
  1. arief says:

    aku cuma maw minta hubungan perusahaan induk dan anak itu mempunyai sifat yg kayak gmn sich…. tolong berikan penjelasan… pusing nich….

    • slidepajak says:

      Sifat hubungan antara induk perusahaan dan anak perusahaan yang menyebabkan induk perusahaan dapat melakukan pengendalian terhadap anak perusahaan meskipun hak suara induk perusahaan, baik langsung maupun tidak langsung, 50% atau kurang

      Thx..

  2. anto says:

    Pak, mau tanya juga nih apakah anak perusahaan yang dimiliki 99% wajib membuat laporan keuangan? Bagaimana dasar nilai anak perusahaan tersebut kalau mau dijual?

    • slidepajak says:

      Iya, pak anto.. Dibuat Lap Keu Konsolidasian
      Klo dlm lap konsolidasian, kerugian & laba yg timbul dari transaksi antara induk-anak perush harus dieliminasi… maka apbl akan dilepas transaksi tsb ikut diperhitungan sbg dasar nilai anak perush.

      Thx..

  3. ahmad as'ad says:

    bagaimana ayat jurnal eliminasi untuk pembelian di atas nilai buku,akan tatapi diferensialnya berada dibawah nilai wajar?terima kasih sebelumnya.hormatku….

  4. Cahya says:

    apakah dieliminasi itu berarti diperhitungkan apakah adanya goodwill atau tidak gt yah,pak?
    tlg d perjelas dongg..=(

    yg d point 23..apakah mgkn laporan keuangan perusahaan anak menjadi laporan konsolidasi dg syarat2 yg tlh d sebutkan tersebut,pak? mohon penjelasannya..

    mkasii..=)

  5. nathalia says:

    makasih ilmunya ya Pak :D

  6. marsella says:

    Pak,, saya mau tanya..
    apakah perusahaan anak yang dikonsolidasi kurang dari 50 % mempunyai hak untuk mempengaruhi perusahaan induk nya dalam pnyusunan laporan konsolidasi atau sebagai nya?

    thx..

    • marsella says:

      Pak,, saya mau tanya..
      apakah perusahaan induk dapat mengendalikan perusahaan anak, meskipun kepemilikan nya di perusahaan anak kurang dari 50 %? kalo bisa, bagaimana cara nya?

      thx..

  7. arpen says:

    saya pngen tanya 4 laporan kuangan apa yah

  8. Eddie says:

    pak, sya minta tolong diemail ke saya dong contoh jurnal eliminasi dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi…. terima kasih sebelumnya

  9. aymaryani says:

    kalo untuk pajaknya sendiri gmn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s